Rabu, 16 Desember 2015

Masjid Nurul Huda Rawa Bangkong Kaum

MASIH SAMA. Pertama mampir ke masjid ini di bulan September 2012, dan singgah lagi ke sana di Desenber 2015.
Kampung Rawa Bangkong Kaum merupakan salah satu kampong di dalam wilayah desa Sertajaya Kecamatan Cikarang Timur, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat. Rawa Bangkong tidak sendiri, masih ada Rawa Bangkong Kulon dan Rawa Bangkong Kaler.

Masjid Nurul Huda
Kampung Rawa Bangkong Kaum
Desa Sertajaya, Kecamatan Cikarang Timur
Kabupaten Bekasi, Jawa Barat


Masjid tanpa plang nama ini berdiri di tengah tengah kampong Rawa Bangkong Kaum, yang pasti bagi anda yang tak familiar dengan daerah tersebut, butuh pemandu untuk sampai ke masjid ini atau tandai di map android anda untuk dijadikan pemandu elektronik. Secara keseluruhan bentuk bangunan masjid ini nyaris serupa dengan Masjid Jami' Al-Mujahidin Rawa Banteng yang juga berada di wilayah kecamatan Cikarang Timur.

Desember 2015. Masjid Nurul Huda Rawa Bangkong Kaum di bulan Desember 2015
Saya sempat berkeliling di dalam masjid sekedar nyari tahu nama masjid ini berikut nama kampungnya. Indikasi nama masjid ini ada di Galon air minum isi ulang yang ada di teras selatan masjid.Nama desanya tertulis di meteran listrik, lalu nama kampungnya saya dapatkan dari seorang ibu yang sedang cuci kaki di bak air wudhu di pojok kanan depan masjid.

TERAS DEPAN. Dua lapis teras, teras terluar berada di bawah kanopi tambahan. Teras yang hampir serupa dengan masjid Masjid Jami' Al-Mujahidin Rawa Banteng
Mampir di waktu dhuha tidak ada Jemaah di masjid ini, hanya ada dua pedagang keliling yang sedang istirahat bersama barang dagangannya. Bertanya ke mereka pun tidak memberikan hasil untuk sekedar tahu nama masjid tersebut.

BAK AIR WUDHU. Meski bak nya besar bukan berarti anda harus nyebur ke dalamnya untuk berwudhu ya, cukup pakai gayung yang sudah disediakan.
Pasokan air di masjid ini berlimpah, toilet dan kamar mandi tersedia dan cukup terawatt. meski warga disekitar masjid sepertinya juga turut memanfaatkan fasilitas tersebut. air untuk berwudhu tidak dialirkan ke keran air tapi disediakan dalam bak air ukuran besar lengkap dengan gayungnya. 

TERAS SAMPING KIRI (SELATAN) Galon air isi ulang di ujung teras di samping pintu itu satu satunya petunjuk yang ku dapat kan tentang nama masjid ini. sedangkan di luar pagar di bawah pohon sukun yang keliatan sedikit di ujung itu ada dua makam warga.
KOTAK AMAL. Kotak amal berukuran besar diletakkan di teras depan masjid.
INTERIOR. bangunan utama masjid di topang oleh tiga pilar beton yang di hias indah dengan lafadz Allah dan Muhammad dengan baluran warna biru dan bentuk geometris.  hamparan karpet merah dengan pola memanjang tanpa corak dan gambar menjadi pilihan. 
MIHRAB DAN MIMBAR. Mimbar kecil, bukan berbentuk mimbar terbuka dengan tangga menghadap ke jamaah, tapi lebih sebagai sebuah podium. 
Detil kaligrafi pada pilar dalam masjid.
Teras di sisi kanan (utara) bangunan masjid ini sudah di alih fungsi sebagai area sholat tambahan yang luasnya hampir sama luas dengan bangunan utama masjid. 
AL-FATIH | My Sond, Muhammad Al-Fatih. dunia benar benar tempat bermain yang sangat luas dan menyenangkan di mata anak anak manapun.
Masjid dari arah selatan diantara rindangnya pepohonan.

--------------------------------ooOOOoo --------------------------------


Data Base Masjid Cikarang Timur