Senin, 21 Desember 2015

Masjid Jamie At-Taqwa Kampung Bedeng

Masjid Jamie Attaqwa Kampung Bedeng
Masjid Jamie At-Taqwa Kampung Bedeng berada tidak jauh dari Danau Situ Abidin, salah satu objek wisata kabupaten Bekasi.  Situ Abidin adalah sebuah danau seluas 16.2 hektar dan di tengah terdapat sebuah pulau kecil yang memiliki arti tersendiri bagi warga setempat, karena di pulau itu terdapat makam ulama penyebar Islam di daerah Bojongmangu dan sekitarnya. Ulama yang dimaksud dikenal dengan nama Kyai Abidin atau biasa dipanggil Uyut Abidin atau Mbah Wali dan Kiai Sengkek Bea. di Pulau tersebut sebenarnya ada empat makam, hanya saja yang dikenali hanya dua tokoh tersebut.

Masjid Jamie At-Taqwa Kampung Bedeng
Kampung Bedeng, RT 08/04 Desa Karangmulya
Kecamatan Bojongmangu, Kab. Bekasi
Jawa Barat, Indonesia

-6.46719, 107.16441

Bila anda berkendara menuju ke Situ Abidin dari arah Cibarusah, maka anda akan melewati masjid ini di sisi kiri jalan raya di tengah kampung hanya sejenak sebelum kemudian tiba di area parkir danau Situ Abidin. Lokasi ini juga dapat di capai dari kawasan pusat pemerintahan kabupaten Bekasi di Deltamas, Desa Sukamahi dengan rute yang cukup panjang dan berbelok belok, relatif lebih singkat dan ruas jalan yang tidak terlalu banyak persimpangan bila ditempuh dari Cibarusah.

Masjid Jamie Attaqwa Kampung Bedeng
Sejauh ini kami belum sempat singgah ke masjid ini dan belum memiliki data tentang kapan masjid dibangun, pengurus DKM, aktivitas masjid dan sebagainya, dan apakah masjid ini memiliki keterkaitan sejarah dengan dua tokoh penyebar Islam yang dimakamkan di pulau di tengah danau Situ Abidin.

Danau Situ Abidin Di Bulan Desember 2015
Sekedar informasi saja, Sudah beberapa tahun belakangan ini, danau Situ Abidin mengalami kekeringan di musim kemarau dan hanya tersisa genangan air di sisi barat pulau, sehingga pengunjung dapat berjalan kaki melintasi bagian danau yang mongering hingga tanahnya merekah menuju ke pulau yang berada di tengah tengah danau. Dan kami pernah mendapatkan kesempatan itu di tahun 2011 yang lalu.

Asik untuk bersantai. ada pulau kecil di tengah danau, tampak ada bangunan kecil di balik pepohonan, adalah makam penyebar Islam di wilayah Bojongmangu yang oleh masyarakat setempat biasa dipanggil Uyut Abidin atau Mbah Wali.
Kering Kerontang. di musim kemarau danau ini mengering hingga dasar danau kering kerontang dan menyisakan permukaan tanah yang retak retak. Masih ada sisa air di sisi barat pulau, seperti yang terjadi di bulan September 2012 pada foto di atas.

------------------------------------------ooOOOoo------------------------------------------


Baca Juga