Kamis, 10 Desember 2015

Masjid Jami' Al-Ikhlas Kampung Tembong Gunung

Masjid Jami' Al-Ikhlas berdiri di sisi kiri jalan Warung Ampel di Kampung Tembong Gunung.
Masjid Jami Al-Ikhlas
Jl. Warung Ampel, Kampung Tembong Gunung
Desa Sukamahi, Kecamatan Cikarang Pusat
Bekasi, Jawa Barat 17530, Indonesia

Masjid Jami’ Al-Iklhas Kampung Tembong Gunung ini letaknya tidak terlalu jauh dari Komplek Perkantoran pusat pemerintahan Kabupaten Bekasi, karena memang sama sama berada di desa Sukamahi, kecamatan Cikarang Pusat. Dari arah Deltamas ambil jalan lurus kea rah kawasan industry KITIC / Green Land lalu putar balik untuk menuju ke jalan warung ampel, ikuti jalan warung ampel hingga sampai di pertigaan. Ruas jalan yang belok ke kanan menuju ke Cicau, ambil jalan lurus, tidak jauh dari sana masjid akan menemukan masjid ini berada di sisi kiri jalan raya.


Secara Administratif tempat masjid Al-Ikhlas ini berdiri sudah nyaris berada di garis perbatasan Desa dan kecamatan, antara desa Sukamahi di kecamatan Cikarang pusat dengan desa Nagasari Kecamatan Bojongmangu. Ruas Jalan warung ampel yang bercabang dua dimulai beberapa meter dari masjid ini merupakan pembatas wilayah antara kecamatan Cikarang Pusat dan Bojongmangu.

Plakat pembangunan masjid di tembok pagar masjid.
Berdasarkan plakat yang dipasang di pagar bagian depan masjid serta plakat kecil yang dipasang di atas pintu masuk masjid. Masjid Al-Ikhlas ini dibangun di Kampung Tembong Gunung, Desa Sukamahi oleh Ibu Hj. Mariana Sofyan pada tahun 1994.

Atap limas tanpa menara. Speaker untuk menyuarakan azan diletakkan dibawah atap tertinggi.
Bangunan masjidnya berdenah segi empat, beratap limas bersusun dua dilengkapi dengan kubah logam berukuran kecil di puncak atap tertinggi. Lokasinya di sisi timur jalan raya diatas tanah berdenah travesium, sehingga bagian mihrab masjid menghadap ke jalan raya menyisakan lahan kosong yang kemudian  dibangunan tempat wudhu dan toilet.

Pintu utama dari area parkir. Tampak plakat kecil di sisi kiri atas.
Di dalam masjid hanya ada satu tiang (pilar) yang berdiri menyanggah struktur di atasnya. ruang sholat untuk Jemaah wanita disekat dengan partisi dari triplek. Ada tiga pintu masjid, masing masing ditempatkan di tiga sisi masjid. semua pintu dibuat dari besi berteralis. bagian belakang masjid sudah dibangun kanopi permanen untuk menampung Jemaah lebih banyak.

Tempat wudhu dan toilet. beberapa tangki penampung air terlihat di belakang bangunan.
Pasokan air di masjid ini menggunakan sumur pompa, airnya ditampung di beberapa penampung air yang tinggikan disebelah bangunan tempat wudhu lalu dialirkan ke bak bak penampung air yang sudah dilengkapi dengan keran untuk keperluan berwudhu. Cukup nyaman untuk singgah sholat disini sambil ngaso sejenak. selain kami, ada beberapa pengendara yang mampir kesana beristirahat sembari menunggu waktu sholat asyar tiba.


Interior Masjid Al-Ikhlas Kp. Tembong Gunung

Mihrab dan mimbar
pintu masuk sisi selatan ke arah pemukiman penduduk
area sholat untuk ahwat.
tiang penopang ditengah masjid
Pintu dari dan menuju kanopi permanen di belakang masjid. 
khusu' sembari menunggu waktu asyar tiba
Eksterior Masjid Al-Ikhlas Kp. Tembong Gunung

Beduk pun tersedia di teras depan, meski tidak dipakai setiap hari.
Salah plakat pembangunan masjid.
sisi depan masjid
area tambahan (kanopi) di belakang masjid dari area parkir
area tambahan (kanopi) dari sudut lain
area Parkir motor


------------------------ooo000ooo----------------------

Masjid Masjid di Cikarang Pusat