Senin, 26 Agustus 2013

Masjid Al-Manshurin Karangendah

# Masjid Masjid di Tanah Belida

Masjid Al-Manshurin Desa Karangendah, Gelumbang.

Masjid Al-Manshurin berada di Desa Karangendah, Kecamatan Gelumbang, Kabupaten Muara Enim, Provinsi Sumatera Selatan.  Desa Karangendah berada sekitar 15 menit perjalanan ke selatan dari kelurahan Gelumbang ke arah selatan atau sekitar 25-30 menit ke arah utara dari kota Prabumulih.



Batalyon Kavaleri (Yonkav) 5 Serbu bermarkas di Desa ini. Karena-nya untuk memudahkan menyebutkan alamat tempat tinggal penduduk disana secara spesifik, masyarakat Gelumbang seringkali membaginya dalam dua wilayah yakni Karangendah komplek untuk menyebut alamat mereka yang tinggal di dalam komplek Yonkav 5 dan Karangendah Dusun untuk menyebut alamat mereka yang tinggal di luar wilayah komplek Yonkav 5.

Papan Nama Masjid Al-Manshurin, Masjidnya tak terlihat ? Masuk dulu beberapa meter ke sana ya.

Tempatnya berdiri berada di dalam gang kecil disamping sebuah mini market, dan warung makanan Mie Ayam Wonosobo dan Bakso Mawar Jaya. Dari arah Prabumulih lokasi gangnya berada di sebelah kiri jalan, papan namanya berdiri berjejeran dengan papan nama warung Mie Ayam dan Bakso tadi. Data di google maps yang belum update menyulitkan saya untuk menunjukkan secara pasti lokasi masjid ini dipeta untuk anda.

Masjid Al-Manshurin desa Karangendah.

Bangunan masjidnya sederhana saja meski telah dibangun permanen dengan dinding tembok bata beratap limas bersusun. Pagarnya dibuat dari bilah papan yang ditata rapi mengelilingi bagian terasnya. Masjid ini juga sudah dilengkapi dengan toilet dan area berwudhu dengan pasokan air dari sumur pompa.***