Senin, 22 Juli 2013

Masjid Jami’ Sirojul Karomah Tegal Danas

Masjid Jami Sirojul Karomah dilihar dari arah jalan raya.

Bila anda pernah ke Deltamas melalui rute Tegal Danas Kali Malang, pastinya pernah melihat masjid yang satu ini. Masjid Jami’ Sirojul Karomah berada di sebelah kiri jalan setelah jembatan kali malang, beberapa meter sebelum jembatan tol di Tegal Danas. Masjid yang posisinya lebih rendah dari jalan raya membuat kita harus menuruni jalan yang cukup curam menuju kesana.

Alamat Dan Lokasi Masjid Sirojul Karomah

Kampung Tegal Danas RT.02/05 Desa Hegar Mukti
Kecamatan Cikarang Pusat, Kabupaten Bekasi 17814
Jawa Barat, Indonesia.

Di komplek masjid ini telah berdiri Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Kelompok Bermain Sirojul Karomah berstatus terdaftar dengan nomor SK.422/297/SK-PAUD/2010, juga ada TKA Annuriyah dan TPQ Sirojul Karomah.





Bangunan masjidnya sudah terlihat saat kita berada di atas jembatan yang membentang di atas kali malang menuju ke arah jembatan tol. Kubah besarnya yang berwarna hijau ditambah empat menara kecilnya yang diletakkan di atap cornya itu menyembul diantara bangunan toko yang berjejer disepanjang jalan tersebut. sedangkan dari arah jembatan tol, masjid ini nyaris tak terlihat karena tertutup oleh jejeran warung.

Agak sulit untuk menemukan tempat parkir yang nyaman untuk kendaraan roda empat di masjid ini mengingat ketiadaan pekarangan dan halaman parkir. Akses jalan ke masjid ini memang hanya berupa gang kecil yang sudah di beton tapi terlalu sempit untuk kendaraan roda empat. memang ada lahan kosong di sisi utara masjid ini seperti terlihat pada foto di atas, hanya saja sepertinya itu bukan lahan milik masjid.

dari arah jembatan kali malang

Masjid Sirojul Karomah dibangun berlantai dua, keseluruhan struktur bangunan menggunakan konstruksi beton berdinding bata mereah di plester. Sisi Mihrab nya berada di sisi jalan raya sedangkan sisi depan nya dengan jejeran enam pilar beton bundar menghadap ke bangunan TPA yang juga di kelola oleh masjid ini. Fitur utama bangunannya berupa kubah beton besar bewarna Hijau dengan empat menara kecil menghias empat sudut atap masjid.

Tempat sholat utama masjid ini berada di lantai dasar. Ada dua pintu akses menuju ke dalam masjid dari arah timur. Ada area void di sisi depan ruangan sebagai akses bagi jemaah di lantai dua ke sisi mihrab. Ada empat pilar beton bundar di dalam ruangan masjid yang merupakan penopang lantai di atasnya. Setengah saja dari ruangan masjid ini yang senantiasa dipasang karpet sajadah.

dari arah utara

Lantai dua masjid ini dapat di akses dari satu satunya tangga yang diletakkan di sisi selatan masjid, di luar bangunan utama langsung menuju ke pintu lantai dua yan selalu terbuka karena memang tak dilengkapi daun pintu. Sayangnya area lantai dua ini kurang terawat. Karena sepertinya memang jarang dipakai selain untuk dua sholat hari raya dan peringatan hari besar Islam. Untuk sholat Jum'at pun tampaknya juga jarang dipergunakan, mengingat deposit debu yang ada sepertinya tidak mungkin terjadi dalam satu pekan.

Interior dan Eksterior masjid Jami Sirojul Karomah ini memang cukup megah. di dalamnya pun cukup nyaman meski tak dilengkapi perangkat penyejuk udara. Dinding sisi mihrabnya di tutup dengan lapisan keramik bewarna cerah. Sisi atas temboknya dihias dengan kaligrafi Al-Qur'an dengan warna dasar hijau terang.

Masjid beton berlantai dua

Melongok ke atas dari lantai dasar ke arah lantau dua akan terlihat sisi dalam kubah besarnya itu. Kubah besar yang dibangun diatas tabung pendek, di sekeliling tabung itu ditempatkan gelas es sebagai ventilasi cahaya matahari. Hanya saja saya gagal menemukan nuansa langit pada lukisan cat yang dibuat di sisi dalam kubah masjid ini, mungkin sudah pudar atau karena memang seperti itu sejak awal ?.

Ada satu tangga akses menuju ke atap masjid ini. Tangga besi melingkar yang dipasang di menara di atap pojok utara masjid. Sebuah pintu berukuran kecil di menara ini menjadi satu satunya akses ke atap masjid ini. Cukup menarik untuk memanjat ke atap masjid ini menikmati pemandangan sekeliling yang terasa lega hingga kita dapat memandang dengan leluasa ke arah jalan tol hingga ke gerbang Deltamas.

Dari atap masjid ini kita juga leluasa memandang ke arah jembatan kali malang hingga ke puncak menara dan kubah Masjid A-Muhajirin yang berada di seberang kali malang, berikut jejeran rukonya. disediaknnya akses ke atap masjid ini tentunya untuk keperluan memudahkan perawatan.*** 

Interior Lantai dasar
lantai dua Masjid Sirojul Karomah
Mihrab Sirojul Karomah
Melongok ke atas
Akses ke atap
Atap Masjid
Bonus pemandangan, di kejauhan tampak Masjid Al-Muhajirin Tegal Danas