Jumat, 15 Maret 2013

Masjid Ash-Shiddiq Taman Cibodas – Lippo Cikarang

Masjid Ash-Siddiq Taman Cibodas - Lippo Cikarang

Masjid Ash-Shiddiq berada di dalam komplek perumahan Taman Cibodas, salah satu komplek perumahan di kawasan Lippo Cikarang. Lokasi komplek ini berdekatan dengan komplek Taman Cibiru di kawasan yang sama. Bagi anda yang belum tahun lokasi nya, dari pintu utama Lippo Cikarang tinggal mengikuti jalan utamanya melewati Mall Lippo Cikarang, Pom Bensin hingga ke ujung jalan dan belok ke kiri. Menyusuri jalan Sriwijaya dan Majapahit hingga melewati gerbang Elysium tak jauh dari sana ada bundaran, ambil jalan ke kanan menuju Taman CIbodas, arah ke kiri menuju ke Taman Cibiru.


View Masjid Ash-Shiddiq in a larger map

Komplek Taman Cibodas cukup asri dengan pepohonan rindang di kontur tanah yang sedikit berbukit dan jalan menuju gerbangnya dibuat berkelok dan menurun mengikuti kontur tanah aslinya berupaya menghadirkan kesan seakan akan benar benar di Cibodas. Rumah rumah yang mungil dengan rancangan terbuka memang sedikit menghadirkan suasana Villa di kawasan Cibodas-Cianjur yang dingin di Cikarang yang panas.

diantara rindang pepohonan
Di sisi paling timur komplek perumahan ini sudah berdiri sebuah bangunan masjid yang diberi nama Masjid Ash-Shiddiq. Ukuran bangunan utama masjidnya tidak terlalu besar, sudah ditambah dengan area tambahan di sebelah selatan bangunan utama. Keseluruhan pembangunannya memakan waktu selama satu tahun dari rencana awal-nya sekitar empat tahun. Keseluruhan dana pembangunannya bersumber dari swadaya jemaah dan sumbangan seorang dermawan.

dengan area tambahan di sisi selatan
Masjid ini salah satu masjid yang memiliki seorang imam tetap. Sholat berjamaah lima waktu di masjid ini dihadiri antara dua hingga tiga shaf pria. Seperempat dari ruang dalam masjid disediakan untuk jemaah akhwat. Dan meski ukurannya tak terlalu besar, area berwudhu dan toilet disini sudah dipisahkan antara toilet dan area wudhu pria dan wanita.

beduk yang meski jarang dipakai juga tersedia di masjid ini
Acara cukup meriah yang baru saja diselenggarakan di masjid ini adalah peringatan maulid Nabi Muhammad S.A.W yang digabungkan bersamaan dengan peringatan haul Sheikh Abdul Qodir Jailani. Acara yang cukup ramai dihadiri jemaah setempat dan jemaah dari komplek perumahan disekitar Cibodas.

Pengurus DKM Ash-Shiddiq

di dalam masjid
Susunan pengurus DKM Masjid Ash-Shiddiq – Lippo Cikarang terdiri dari : Pelindung : Ketua RW.17 / Cibatu, Penasehat : Bambang H.R, Ketua DKM dijabat oleh Kabul Rianto, Sektetaris : Ismet, Bendahara : Mulyadi, Seksi kerohanian USt, Jamaludin, Seksi Sosial dan sarana : S Rindam dan Eko Purnomo, Seksi PHBI : Cahyadi dan Sudiana dan seksi ZIS : Harbinson.***

-----------------------------------------------------

Baca juga Artikel Masjid Masjid Lippo Cikarang Dan EJIP Lain-nya