Rabu, 20 Februari 2013

Masjid Baitul Mushthafa MM2100

Masjid Baitul Mushthafa Kawasan Industri MM2100
Kota Perindustrian MM2100 (MM2100 Industrial Town) atau lebih dikenal dengan Kawasan Industri MM2100 merupakan kawasan Industri terpadu yang dikembangkan dan dikelola oleh PT. Megalopolis Manunggal Industrial Development (MMID), didirikan tahun 1990 oleh dua perusahaan terkemuka masing masing Marubeni Corporation dari Jepang dan Manunggal Group Indonesia. Kawasan Industri ini kini menjadi rumah bagi setidaknya 170 perusahaan manufaktur menjadikannya sebagai salah satu kawasan industry terkemuka di tanah air.

Sejak dibukanya kawasan tersebut sebagai kawasan industri terpadu, sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas dan sarana kecuali bangunan masjid, yang baru dibangun sekitar 16 tahun kemudian, setelah melalui perjuangan panjang dari jemaah muslim disana dan setelah PT. MMID dikomandani oleh presiden direktur baru yang mendapatkan hidayahnya tak lama setelah menjabat sebagai presdir di perusahaan tersebut.

Lobi Utama Masjid Baitul Mushthafa
Adalah Mr.  Yoshihiro Kobi, Presiden Direktur MMID yang belum lama menjabat sebagai petinggi di perusahaan tersebut ditahun 2006, mengikrarkan diri memeluk Islam dengan dipandu oleh DR. Hidayat Nur Wahid, MA (yang ketika itu menjabat sebagai ketua MPR RI) sesaat setelah beliau menjadi imam dan khatib sholat Jum’at di Masjid AHM yang berlokasi persis di depan lokasi Masjid Baitul Mushthafa ini, setelah sebelumnya DR. HNW melakukan peletakan batu pertama pembangunan Masjid Baitul Mushthafa.

Ketika proyek pembangunan Masjid Baitul Mushthafa ini selesai dibangun di tahun 2006 lalu, peresmiannya pun kembali dilakukan oleh DR. Hidayat Nur Wahid bersama dengan Mr. Yoshihiro Yobi serta para petinggi PT. MMID, panitia pembangunan dan para jemaah. Peresmian ditandai dengan penandatanganan prasasti.

Lokasi dan Alamat Masjid Baitul Mushthafa

            Masjid Baitul Mushthafa
kawasan industri MM 2100
Jalan Kalimantan Blok. DD.
Cikarang Barat, Kabupaten Bekasi
Propinsi Jawa Barat
Telepon : 021-89981911


View Masjid Baitul Mushthafa MM2100 in a larger map

Sejarah Masjid Baitul Mushthafa

Masjid Baitul Mushthafa adalah Masjid pertama yang dibangun untuk umum sebagai titik orientasi visual (landmark spiritual) dari kawasan industri MM2100 guna melayani kepentingan ibadah kaum muslimin di kawasan industri dan masyarakat lingkungan  sekitar kawasan Industri MM2100, Sebagai Pusat Kegiatan Islam (Islamic Centre) dan Kegiatan Sosial (Sosial Centre) masyarakat kawasan dan lingkungan sekitar kawasan MM2100. Proses pembangunan masjid ini dimotori oleh Mr. Yoshihiro Kobi Utsman, selaku Presiden direktur PT. MM 2100 dan H. Yahya Winaryo selaku Direktur PT. MM 2100.

Berdiri di atas lahan seluas 3,5 hektar (35 ribu meter persegi), proses pembangunannya dimulai dengan peletakan batu pertama oleh ketua MPR-RI (waktu itu) . M. Hidayat Nur Wahid, MA. pada tanggal 19 Mei 2006. Dan keseluruhan bangunan masjid dan pendukung utamanya selesai dibangun dan diresmikan pada tanggal 15 Desember 2006 juga oleh M. Hidayat Nur Wahid, MA.

dibawah kubah utama
Proses pembangunan dilanjutkan ke tahap kedua dengan pembangunan sarana Manasik Haji dan Umroh. Peletakan batu pertama pembangunan fasilitas tersebut dilaksanakan peletakan batu pertamanya dilaksanakan 15 Desember 2009 dan diresmikan pada tanggal 15 Desember 2010 oleh Menteri Agama RI, Drs. H. Surya Dharma Ali, MSI.

Pengurus Masjid Baitul Mushthafa

Masjid Baitul Mushthafa ini dikelola oleh Yayasan Baitul Mushthafa , dengan susunan DKM-nya langsung dibawah binaan Mr. Yoshihiro Kobi Utsman, selaku Presiden direktur PT. MM 2100 dan H. Yahya Winaryo selaku Direktur PT. MM 2100. Ketua DKM dijabat oleh Darwoto, Imam Masjid, H. Khairuddin, Bendahara : Hj. Musthiheni dan sekretaris H. Rusdam Ahmadi. Bagi yang ingin menyalurkan infaq, sodaqoh dan lainnya dapat disalurkan melalui rekening atas nama Yayasan Baitul Mushthafa di di Bank Mandiri Cibitung nomor rekening 156-00-0033988-9.

Peresmian Masjid Baitul Mushthafa Oleh Dr. Hidayat Nur Wahid didampingi Mr. Yoshihiro Kobi Ustman, H. Yahya Winaryo dan Bpk. Darwoto (ketua DKM).

Aktivitas Masjid Baitul Mushthafa

Masjid ini cukup meriah dengan berbagai aktivitas mulai dari aktivitas rutin hingga ke aktivitas yang diselenggarakan oleh berbagai organisasi yang mengambil tempat di masjid ini termasuk salah satunya aktivitas Malam Pembinaan Iman Dan Taqwa (Mabit) seperti yang diselenggarakan oleh tiga DPC PKS, penyembelihan hewan Qurban hingga pelepasan jemaah calon haji. Fasilitas fasilitas yang ada di masjid ini dapat dipakai untuk umum dengan berkoordinasi dengan pengurus masjid.***

Interior Masjid Baitul Mushthafa
Fasilitas Manasik Haji di masjid Baitul Mushthafa
kiri : Mr. Yoshihiro Kobi Ustman, presdir Kawasan Industri MM2100, kanan atas Bpk. H. Yahya Winaryo,  Direktur Kawasan Industri MM2100 selaku pembina DKM Masjid Baitul Mushthafa dan kanan bawah : bpk. Darwoto, ketua DKM Masjid Baitul Mushthafa.