Sabtu, 05 Januari 2013

Masjid Al-Hidayah - Kasuari, Cikarang Baru


Masjid Al-Hidayah di Jalan Kasuari Vi, Cikarang Baru
Masjid Al-Hidayah adalah salah satu dari sekian banyak masjid yang berada di dalam komplek perumahan Cikarang Baru, Kota Jababeka, Kabupaten Bekasi. Masjid ini berada di kawasan Jalan Kasuari  tak jauh dari (calon bekas) Pasimal alias Pasar Siang Malam. Di samping Pasimal sendiri berdiri kokoh Masjid Nurul Islam yang baru selesai di renovasi tahun lalu. Di komplek perumahan di seberang Masjid Nurul Islam juga berdiri Masjid Darussalam di Jalan Kedasih IV.

Masjid Al-Hidayah ini berdiri di jalan Kasuari VI Cikarang Baru. Bila anda masuk ke dalam kawasan industry Jababeka II, setelah melewati patung kuda di bundaran plaza JB, baik lurus ataupun berbelok disanan anda akan menjumpai pabrik PT. Mattel di Jababeka II, lurus sampai menemukan Rumah Sakit Harapan Internasional di perempatan, setelah Rumah Sakit ada jejeran Ruko Roxi. Ruas jalan Kasuari VI berada di sisi kiri jalan utama persis diantara Ruko Roxi dan Pasimal. Masuk ke jalan tersebut, Masjid Al-Hidayah ada disebelah kiri jalan diantara jejeran rumah penduduk.


View Masjid Al-Hidayah in a larger map

Masjid Al-hidayah dibangun berlantai dua, lantai atas ini lebih tepat disebut sebagai mezanin atau Balkoni yang dibangun di atas ruang utama, sebagai area sholat khusus jemaah wanita. Area tersebut disanggah dengan beberapa tiang beton. Area sholat utama berada di lantai dasar untuk jemaah pria. Keseluruhan ruang dalam masjid ini dibangun cukup tinggi, bagian atasnya tidakl diberi plafon dan dibiarkan terbuka dengan dirapikan pada sisi dalam atapnya.

Masjid Al-Hidayah dikelola oleh Yayasan Al-Hidayah yang dibentuk oleh warga muslim setempat. Yayasan ini tidak hanya mengelola masjid tapi juga sudah membentuk lembaga Amil Zakat dengan nama Pondol Z@k@t. selain itu di samping masjid juga sudah berdiri dan beroperasi gedung sekolah Islam untuk anak anak.

Bangunan utama masjidnya sendiri dibangun dengan tap limas bersusun tiga sama seperti beberapa masjid di dalam komplek Perumahan Cikarang Baru lainnya. Dinding ruang utamanya di dominasi oleh jendela jendela kaca ukuran besar untuk memberikan pencahayaan alami ke dalam masjid. sedangkan bagian terasnya di hias dengan bukaan bentuk bentuk kubah.

Karena lokasinya yang berada di dalam komplek perumahan, tidak seperti Masjid Nurul Islam yang berada di sisi jalan raya. Suasana di Masjid Al-Hidayah relative lebih tenang dan hening. Nyaman untuk sholat atau singgah sejenak untuk sekedar melepas lelah.

Exterior Masjid

 

Interior Masjid


--------------------------------

Masjid di Lokasi Yang Berdekatan