Minggu, 09 Desember 2012

Masjid Al-Muhajirin, Situ Rawa Bedeng

Masjid Al-Muhajirin, Kampung Bedeng, Desa Medal Krisna, tak jauh dari Situ Rawa Bedeng. (lihat di panoramio)

Kampung Bedeng berada di dalam wilayah Desa Medal Krisna, Kecamatan Bojongmangu, kabupaten Bekasi. Di dalam kampung ini ada sebuah situ (danau kecil) yang begitu tenang. Bernama Situ Rawa Bedeng. Situ yang menjadi sumber pengairan namun kadang kala mengering di saat musim kemarau. Situ seluas 7.7 hektar ini dibawah pengawasan Badan Perencanaan Daerah Kabupaten Bekasi.

Sumber padi. Nasi yang kita nikmati di meja makan bisa jadi berasal dari sini. (lihat di panoramio)

Untuk mencapai danau kecil ini memang butuh kamauan lebih karena memang letaknya cukup jauh dari pusat keramaian Cikarang. Danau ini dapat di capai dari kawasan pusat pemerintahan Kabupaten Bekasi di Deltamas menuju ke selatan melewati jalan Tegal Badak Raya menuju pertigaan Instalasi Saluran Udara Tegangan Tinggi (Sutet), dari pertigaan itu ambil jalan lurus (bukan ke kanan) menuju Jalan Pasir Kupang ke Desa Nagasari di Kecamatan Serang Baru. 

Medal Krisna. Ruas jalan yang harus kita lalui berada di pinggiran sawah yang membetang hijau ini. teduh, tenang dan memanjakan mata.  (lihat di panoramio)
Selepas dari Instalasi Sutet ini anda akan merasakan suasana mirip di kawasan Tepi Barat Palestina. Pagar tembok tinggi yang mengelillingi kawasan Industri Indonesia China di sebelah kiri sepanjang jalan menuju desa Nagasari seakan tak putus putus saking panjangnya dengan kelokan kelokan mengikuti kontur tanah yang berbukit bukit serta kelokan jalan.

Bukan iklan bebek matic : situ Rawa Bedeng terlihat indah dan tenang, lumayan buat ngadem mata dan telinga dari kebisingan dan hiruk pikuk.  (lihat di panoramio)
Sepanjang ruas jalan ini terasa cukup adem dengan hembusan angin, maklum lokasinya memang berada dikawasan perbukitan yang terbuka alias gundul. Desa Nagasari dapat langsung dikenali dari kejauhan dari menara Masjid Al-Mualamah di ponpes dengan nama yang sama. Menara masjid bewarna hijau kuning ini berdiri megah di belakang jejeran pasar di pertigaan Jalan Pasir Kupang. Nagasari juga dapat dicapai dari arah jalan Cibenda – Cibutul Limalang – Cibarusah.

Irigasi. Air dari situ Rawa Bedeng ini juga dimanfaatkan untuk pengairan areal pesawahan yang membentang luas di sekitar area tersebut.  (lihat di panoramio)
Dari pertigaan pasir kupang, ambil jalan ke kiri lalu menyeberangi jembatan pasir kupang, tak jauh dari sana ada pertigaan, belok ke kanan menuju ke Medal Krisna. Ikuti saja ruas jalan tersebut. Tak usah khawatir nyasar, jalanannya sudah di beton meski masuk keluar kampung, melewati bentangan sawah yang luas, jalanan naik turun dan berkelok, situ Rawa Bedeng akan anda temui disisi kanan jalan berhadap hadapan dengan gedung SDN Medal Krisna 01. Selamat menikmati suasananya ya.

Masjid Al-Muhajirin Kampung Bedeng.  (lihat di panoramio)
Kembali ke Masjid. Masjid Al-Muhajirin Kampung Bedeng ini letaknya di sebelah kiri jalan sekitar dua ratus meter sebelum mencapai gedung SDN Medal Krisna 01. Bangunan masjid tua berarsitektur asli Indonesia dengan atap limas bersusun yang khas. Cocok untuk disinggahi sebelum atau sesudah ke situ Rawa Bedeng. Masjid ini adalah masjid yang paling dekat dengan situ Rawa Bedeng.

Masjid Al-Muhajirin
Kampung Bedeng RT. 04/03
Desa Medal Krisna, Kecamatan Bojongmangu
Kabupaten Bekasi, Jawa Barat - Indonesia.
            Koordinat Geografi : 6°25'55.77"S 107° 9'53.46"E


So, bagi anda yang senang berkeliling kampung rute perjalanan satu ini dapat dijadikan alternative. Meski memang harus memilih kendaraan yang tepat untuk dipakai. Walaupun ruas jalananya sebagian besar sudah berupa jalan cor, tapi sebaiknya tidak menggunakan kendaraan roda empat dengan ground clearance rendah. Sepeda motor ataupun sepeda gunung bagi yang suka biking jarak jauh juga layak di coba deh.

Ditengah kampung. Masjid Al-Muhajirin ini berada ditengah tengah pemukiman warga kampung Bedeng di desa Medal Krisna. 
Untuk jalur pulang ke Cikarang, dapat ditempuh dengan kembali menyusuri jalan tadi waktu berangkat atau melanjutkan perjalanan menikmati suasana. Tinggal pilih untuk melanjutkan perjalanan ke Desa Bojong Mangu atau ke Situ yang lebih luas dan lebih indah yakni situ Abidin, terserah anda, senyasar nyasarnya mengikuti jalanan di daerah ini, tenang saja anda tak kan nyasar sampai ke Timbuktu. Heheheheh.

SDN Medal Krisna 01  (lihat di panoramio)

Clue nya adalah, tinggal Tanya ke warga setempat, “arah jalan ke Cibarusah Kota”, ingat ya jangan sampai nanya “arah ke Karawang”, jauuh banget brow. Mereka akan dengan ramah menunjukkan jalan untuk anda. Tak perlu khawatir bila anda tak pandai berbahasa Sunda, karena mereka juga fasih berbahasa Sunda-Betawi. Selamat jalan jalan menikmati suasana kampung tanah air.***

Rumah tradisional khas tanah Jawa taj jauh dari Situ Rawa Bedeng.  (lihat di panoramio)
bonus tontonan. Mau Bergabung ?. Mangga atuh lah.

Baca Juga :