Minggu, 11 November 2012

Wajah Baru Masjid Nurul Jannah Pasir Konci

Masjid Nurul Jannah Pasir Konci, Cikarang Selatan

Bila anda sering atau pernah melintas di ruas jalan alternative dari kali malang menuju gema lapik melewati jalur pasir konci pastinya pernah melihat masjid ini, atau bahkan mungkin pernah singgah ke masjid ini. Lokasinya memang berada di Pasir Konci, jalan akses ke masjid ini paling cepat di capai dari ruas jalan Jababeka – Lippo Cikarang.

Dari tol Lemah Abang, ambil kanan ke arah Lippo Cikarang, melewati jembatan tol ada POM bensin yang sedang dibangun, beberapa meter dari sana ada gang kecil disisi kiri jalan, masuk ke sana, masjid ini berada di tusuk sate pertigaan jalan kecil tersebut.

Masjid Nurul Jannah
Desa Pasir Konci, Kecamatan Cikarang Selatan
Kabupaten Bekasi, Jawa Barat – Indonesia



  
Ruas Jalan Pasir Konci ini memang merupakan salah satu jalan alternatif Jababeka ke Lippo Cikarang dari Kali Malang menuju ke pertigaan Gema Lapik, nama Gema Lapik sendiri tadinya merupakan nama pabrik sepatu miliki investor Korea yang beroperasi di kawasan tersebut, walaupun kemudian telah berganti nama sampai ahirnya tutup namun masyarakat sekitar terlanjur menyebut tempat tersebut sebagai pertigaan gema lapik.

Memang agak beresiko melalui ruas jalan ini terutama bagi yang menggunakan kendaraan roda empat karena ruas jalannya yang sempit, harus ekstra hati hati saat berpapasan dua kendaraan. Apalagi bila sedang ada hajatan warga yang menutup jalan untuk memasang tenda dan anda tidak tahu benar benar berabe karena untuk berputar arah ke kali malang lumayan jauh.

Wajah lama Masjid Nurul Jannah Pasir Konci ::: Foto ini di abadikan pada bulan maret 2011 yang lalu, masjid ini bertahan dalam bentuknya seperti ini hingga bulan Januari 2012. 
Saya sendiri belum tahu kapan awalnya masjid ini berdiri. Yang pasti sampai bulan Januari 2012 masjid ini masih berbentuk Masjid Tradisional Indonesia dengan atap limas bersusun tiga, terdiri dari dua bangunan yang disatukan, lalu di sisi depan (timur) dan sampingnya (selatan) ditambah lagi dengan kanopi beratap plastic korugated.

Di bulan Januari juga bangunan lama tersebut di runtuhkan total, dan dibangun kembali dalam bentuknya saat ini. sama sekali berbeda antara bangunan masjid sebelumnya dengan masjid yang kini berdiri. Bila arsitektur sebelumnya berciri Indonesia, bangunan baru ini mengadopsi bangunan masjid modern berlantai dua lengkap dengan kubah dan menara tunggal di atap nya.

Metamorfosis Masjid Nurul Jannah Pasir Konci 
Di bulan Maret 2012 bangunan baru Masjid Nurul Jannah ini mulai menunjukkan bentuknya, meski masih jauh dari selesai. Pekerjaan struktur lantai dasar dan lantai dua sudah selesai dikerjakan, bentuk bangunan sudah mulai berwujud. Dari kerangka waktu pelaksanaan tampak jelas bahwa pengurus masjid ini menargetkan untuk dapat mulai menggunakan masjid baru ini di bulan Suci Ramadhan dan Idul Fitri.

Di bulan Juni 2012, kubah masjid ini sudah dipasang ditempatnya, sedangkan bangunan menaranya baru memulai proses pembangunan. Bangunan masjid ini sudah memulai proses finishing di bagian dalam masjid, pemasangan kusen dan ornamen ornamen lainnya. Teknologi bangunan memang sudah berkembang begitu pesat. Beberapa bagian bangunan dipesan sudah berbentuk panel panel tinggal pasang, termasuk kubah, menara dan ornamen jendela dan stako pada pilar pilar beton-nya.

Ketelatenan mereka mengubah wajah masjid Nurul Jannah
Bulan Agustus 2012 bertepatan dengan Ramadhan 1433H, proses pembangunan masjid ini sudah mendekati selesai keseluruhannya. Masjid sudah mulai digunakan kembali selama Ramadhan, menyisakan pekerjaan finishing pada menara tunggalnya yang belum di cat. Namun secara keseluruhan bangunan masjidnya sendiri sudah sangat layak untuk dipakai dan bertepatan dengan Idul Fitri 1433H yang lalu, Muslim di Pasir Konci ini sudah menikmati sholat di masjid baru mereka.

Pengerjaan ahir menara masjid dilaksanakan paska libur lebaran. Beberapa pekerja melanjutkan pekerjaan finishing terhadap bangunan menara termasuk proses pengecatan warna biru muda sama dengan warna kubah nya. Ketika semua proses pembangunan selesai masjid ini benar benar tampil beda dibandingkan dengan bangunan masjid sebelumnya.

Ekterior Msjid Nurul Jannah Pasir Konci, Kubah dan menara masjid ini juga terlihat dari POM Bensin (SPBU) yang belum selesai disebelah kiri jalan selepas jembatan tol Cikarang/Lemah Abang ke arah Lippo Cikarang.

Lebaran Idul Fitri dan Idul Adha yang baru lalu masyarakat muslim di Pasir Konci ini sudah menikmati sholat di masjid baru mereka. Tampilan ekterior masjid baru ini sama sekali berbeda dengan sebelumnya. Sebuah bangunan masjid moderen dengan memadukan beragam seni bina bangunan. kubah dan menaranya mengadopsi masjid Arabia, sementara bangunan utamanya banyak menyerap seni bangunan Afrika Utara. 

Rancangan yang cukup apik dengan begitu banyak ventilasi udara ditambah dengan bukaan jendela jendela kaca di sisi kiri (selatan) bangunan. Bangunan baru ini terdiri dari dua lantai dengan area void (bukaan) di sisi depan memberi ruang kepada jemaah di lantai dua mengakses suasana di lantai dasar. tangga menuju lantai dua diletakkan di sisi kiri serambi masjid. Tempat wudhu nya diletakkan disisi kanan serambi.

::Di dalam Masjid Nurul Jannah:: kiri atas dan tengah adalah lantai dasar masjid, kiri bawah di lantai dua, kanan atas area utama dari lantai dua, kanan bawah area lantai dua menghadap ke sisi mihrab dengan pagar pembatas area void.
masuk ke dalam masjid ini kita akan menemukan sederet pilar pilar bundar bergaya Eropa dengan ornamen cetakan pada masing masing sisi atasnya, pilar pilar beton ini mendominasi area lantai dasar maupun di lantai dua. kegiatan sholat lima waktu diselenggarakan di lantai dasar, lantai duanya baru terasa manfaatnya saat sholat Jum'at dan dua sholat hari raya serta peringatan hari besar Islam lainnya.

Lokasinya yang berada di tengah kampung dengan akses jalan yang tidak terlalu lapang memang ada sedikit masalah dengan tempat parkir. Halaman depan masjid ini hanya mampu menampung beberapa kendaraan roda empat, meski cukup nyaman untuk parkir kendaraan roda dua. Sangat nyaman untuk singgah sebentar dalam perjalanan melintas disini, untuk sekedar sholat sunat ataupun sholat lima waktu. Selamat Untuk Muslim Pasir Konci dengan Masjid Baru-nya.***

--------------------------------

Baca juga Artikel Masjid Masjid Cikarang Selatan Lain-nya