Senin, 17 September 2012

Masjid Jami An-Nur Kampung Jati Tonggoh

Updated : 10 Desember 2015
Gelap ::: Masjid Jami An-Nur Kampung Jati Tonggoh, Desa Sirnajati, Kecamatan Cibarusah, Kabupaten Bekasi. Suasana nya sudah gelap ketika singgah ke masjid ini. 

Singgah ke masjid ini bersama dengan Arya, pangeran kecilku dalam perjalanan melintasi tempat ini dari Situ Abidin di Bojongmangu menuju pertigaan Cibarusah. Kami sengaja singgah ke masjid ini karena sudah pasti tak akan sempat untuk sholat magrib di rumah yang masih terpaut puluhan kilo dari sini.

di dalam masjid An-Nur Kampung Jati Tonggoh.
Tiba di masjid ini ketika jemaah sholat utama telah usai. jadilah kami berjamaah berdua. bakda magrib tinggal tersisa dua orang jemaah senior di dalam masjid. satu orang khusuk berzikir dan seorang lagi sendirian mengaji bersender di salah satu dari dua tiang di dalam masjid ini.

Lokasi dan Alamat Masjid Jami An Nur

Masjid Jami An-Nur
Kampung Jati Tonggoh, Desa Sirnajati
Kecamatan Cibarusah, Kabupaten Bekasi
Propinsi Jawa Barat - Indonesia




Di tahun 2012 ketika pertama singgah ke masjid ini, saya agak kesulitan menemukan lokasi persis masjid ini di dalam peta Google Maps ataupun Google Earth. Pencitraan satelit tahun 2000 di area ini tidak terlalu jelas. ditambah lagi saya baru pertama kali singgah ke masjid ini jadi agak kesulitan menemukan lokasi pastinya. Penanda yang saya letakkan di peta di atas merupakan perkiraan lokasi. Ketika melintas lagi disana ditahun 2015 google maps sudah mengenali daerah tersebut bahkan lengkap dengan street view nya. Hanya saja, bentuk fisik bangunan masjidnya sama sekali sudah berubah menjadi bentuk yang baru,  lebih modern. ditambah dengan suasana di sekitranya pun sudah berubah. 

Tampak Depan ::: Disebelah kiri foto adalah jalan raya, sebelah kanan foto merupakan pemukiman penduduk. Pintu besar yang terbuka di sebelah kiri adalah pintu utama, pintu disebelah kanan merupakan pintu ke ruang khusus jema'ah wanita. paling kiri adalah area berwudhu.
Masjid ini seperti masjid masjid tatar sunda lain nya dibangun dengan atap limas bersusun. hanya saja tiang penyangga atap di dalam masjidnya bukan empat, tapi dua tiang saja. mirip dengan rancang bangun masjid Jami' Al-Muhajirin RawaBanteng di Cikarang Timur yang juga hanya menggunakan dua tiang penyangga di dalam masjid.

Ekterior Masjid ::: Sepertinya memang harus kembali lagi ke masjid ini suatu hari diwaktu siang untuk mendapatkan gambaran lebih jelas. selain foto foto gelap ini.
Posisi masjid ini membujur segaris dengan ruas jalan raya yang membentang didepannya dari barat ke timur, seperti terlihat pada foto kanan bawah. Sehingga halaman depan masjid ini berada di sisi timur masjid, begitupun dengan satu satunya teras yang ada di masjid ini (foto kiri bawah). Meski gelap dan buta dengan lokasi tanpa GPS, papan nama masjid ini menjelaskan alamatnya dengan detil (foto atas).

Pintu di foto kiri atas adalah pintu ke ruang jemaah wanita, foto kiri bawah adalah salah satu sisi tembok dalam masjid. Kanan atas & tengah : suasana di dalam masjid. foto kiri bawah : teras depan masjid ke arah area berwudhu.
Ada ruang khusus untuk jemaah wanita yang letaknya disisi utara masjid ini bersebelahan dengan area tempat berwudhu. pintu akses ke ruangan ini berada disebelah kanan pintu utama. Halaman masjidnya sudah dipagar dengan dua pintu akses. Masing masing satu pintu menuju jalan raya sementara satu pintu lainnya menuju ke jalan kecil yang membentang disamping masjid ini. 

Updated : 10 Desember 2015

Tahun 2015 saat melintas lagi di depan masjid ini, suasana sudah berubah seluruhnya. Bangunan masjid yang lama sudah bermetamorfosis ke bentuk yang lebih modern, tanah kosong di sebelah nya kini sudah menjelma menjadi komplek Kantor Kepala Desa Sirnajati dan fungsi masjid pun kini pastinya sudah menjadi masjid Jami Desa Sirnajati. Alhamdulillah. 

-----------------------------------------------------

Baca juga Artikel Masjid Masjid Cibarusah Lain-nya