Minggu, 15 Juli 2012

Masjid Piramida, Kuwait

Masjid Sheikh Naseer Al-Sabah atau Masjid Piramida di Kuwait City (foto dari intlxpatr)

Kuwait, Selain memiliki masjid mirip Taj Mahal, masih memiliki masjid unik lainnya yakni Masjid Piramida. Masjid berbentuk tak biasa ini sebenarnya bernama Masjid Muhammad Nasser El Sabah Atau Masjid Sheikh Nasser, namun karena bentuknya yang memang berbentuk segitiga seperti piramida, maka kebanyakan pengunjung lebih menyebutnya sebagai Masjid Piramida.

Nasser Al-Sabah Mosque
Al Blajat Street
Kuwait


Lihat Nasser Al-Subah Mosque di peta yang lebih besar

Masjid Sheikh Nasser berada di kawasan Ras Salmiya di kota Kuwait. Ruang utama masjid ini berukuran 30 x 26 meter ditambah dengan  ruangan dua lantai dibelakangnya terhubung langsung dengan masjid yang merupakan area berwudhu dan kantor pengelola masjid di lantai dasarnya, sedangkan pada lantai dua merupakan area sholat khusus jemaah wanita, perpustakaan dan pusat riset Islam.

Berdiri di atas lahan seluas 2.150 meter persegi juga dilengkapi juga dengan menara tunggal setinggi 50 meter. Proyek pembangunannya selesai pada tahun 1981 yang lalu menghabiskan dana sebesar US$ 3.000.000 Dolar Amerika dan ditangani oleh biro Arsitek Bereau D’architecture, Henri Montoris dari Belgia.