Senin, 09 Juli 2012

Malaysia Fungsikan Masjid sebagai Pusat Rehabilitasi Kecanduan Obat

Masjid Ar-Rahman, Bangsar, Kuala Lumpur, Malaysia

Adalah Masjid Ar-Rahman di daerah Bangsar, Kuala Lumpur, yang menjadi pusat pemulihan para pecandu obat obatan terlarang. Di masjid ini para pecandu masih dapat diberikan methadone untuk menghilangkan ketergantungan kepada obat obatan terlarang (narkoba).

Ide dibalik itu adalah untuk memberikan kesempatan kepada muslim Malaysia pecandu narkoba untuk pulih. Sebagimana disampaikan oleh seorang pejabat di Jakim (Jabatan Kebajikan Islam Malaysia), Ghaffar Surip “penggunaan methadone hanyalah bagian dari tindakan bagi pecandu, karena masjid juga melakukan pendekatan dari aspek spiritual, psikologi dan psikososial terhadap para pasien nya.


Konsep yang diterapkan tersebut menurup Ghaffar Surip merupakan method yang paling banyak dipakai di pusat pusat pemulihan. Pendekan Holistik dilakukan kepada keseluruhan individu untuk membantu mereka mengubah diri dan gaya hidup sekaligus meningkatkan semangat keber-agama-an mereka dan memperbaiki kesehatan jiwa.

Koordinator University Of Malaya’s center dor Addiction Sciencs (UMCAS) mengusulkan duplikasi terhadap program yang sudah dijalankan oleh Masjid Ar-Rahman tersebut. UMCAS merencanakan untuk melaksanakan program tersebut di 6000 masjid Malaysia di tahun 2015 nanti.