Rabu, 11 Juli 2012

Dubai Segera Bangun Masjid Ramah Lingkungan tahun 2013

Dubai Eco Friendly Mosque

Dubai, Uni Emirat Arab, akan segera memiliki sebuah bangunan masjid modern namun ramah lingkungan yang akan selesai dibangun tahun 2013 nanti. Masjid ramah lingkungan ini akan ditenagai oleh panel surya serta memiliki instalasi pendaur ulang air yang diprediksi dapat menghemat konsumsi energy dan air 15 hingga 19 persen,

Awqaf and Minors Affairs Foundation (AMAF), yang menangani proyek tersebut mengungkapkan bahwa masjid seharga $6.81 juta dolar itu akan dibangun dibelakang Al Rowad village berdekatan dengan the Clock Tower di daerah Deira, dengan bangunan masjid seluas 45.000 kaki dan akan memiliki area seluas 105.000 kaki, mampu menampung setidaknya 3500 jemaah.

Masjid tersebut juga akan dilengkapi dengan ruang hijau termasuk taman taman dan atap penahan panas. Panel surya yang dipasang di masjid ini juga akan menghangatkan air yang akan digunakan untuk berwudhu, dilengkapi juga denga gedung pengolah air yang bekas berwudhu untuk digunakan pertamanan dan ruang cuci serta akan dibangun seluruhnya dengan material material yang ramah lingkungan.