Jumat, 11 Mei 2012

Masjid Darussalam Blok C1 Villa Mutiara Cikarang


Masjid Darussalam, Blok C1 Villa Mutiara Cikarang Selatan

Lokasi dan Alamat Masjid Darussalam

Masjid Darussalam
Blok C1 No. 31 RT.17/07 Villa Mutiara Cikarang
Desa Ciantra, Kecamatan Cikarang Selatan
Kabupaten Bekasi, Jawa Barat
Indonesia


Lihat Masjid Darussalam di peta yang lebih besar

Melanjutkan safari pribadi sholat Jum’at, kali ini singgah sholat Jum’at di Masjid Darussalam di Blok C1 Villa Mutiara, Cikarang Selatan. Sekian menit dari kantor. Lokasinya di dalam komplek perumahan Villa Mutiara di Cikarang Selatan. Blok C1 di Villa Mutiara ini berada di posisi paling ujung menjelang jalan akses ke komplek villa mutiara II.

Bangunan masjid nya cukup besar, berlantai dua, tapi belum kelar seluruhnya. Bahkan dinding luar lantai duanya pun belum di cat. Proses konstruksi-nya sudah selesai tapi masih harus dilanjutkan ke proses finishing di lantai dua (mezanin) masjid.

Masjid Darussalam, Blok C1 Villa Mutiara Cikarang Selatan
Lantai dua (mezanin) nya belum di fungsikan namun tangga menuju ke atas sudah dibangun permanen meski belum di sentuh pekerjaan ahir. Lokasi tangga ini sengaja diposisikan di dekat tempat berwudhu dan toilet. Lokasi tersebut sangat ideal bila dikemudian hari lantai dua dikhususkan untuk jemaah akhwat.

Sehingga jemaah akhwat bisa langsung ke lantai mezanin setelah berwudhu atau dari kamar kecil tanpa melewati ruang terbuka lainnya. Tentu saja memberikan kemudahan akses bagi mereka.

interior Masjid Darussalam, Blok C1 Villa Mutiara Cikarang Selatan dari mezanin
Bangunan masjid dibangun cukup tinggi sehingga memungkinkan dibangun lantai mezanin. Keseluruhan konstruksinya menggunakan beton. Atap masjid nya menggunakan atap masjid khas Indonesia dengan atap tumpang piramida menggunakan genteng.

Teras masjid semuanya di beton, menghasilkan area teras di lantai dasar sekaligus di lantai dua. Meski di lantai dua masjid ini masih belum selesai pengerjaannya. Proses pembangunan masjid ini sepertinya sedang terhenti menanti dana yang cukup untuk melanjutkan proses pembangunan.

Suasana ba'da Jum'atan di Masjid Darussalam, Blok C1 Villa Mutiara Cikarang Selatan
Laporan keuangan yang disampaikan sebelum sholat jum’at menyebutkan saldo kas masjid ini sebesar Sembilan juta’an. Angka yang memang masih jauh dari cukup untuk menyelesaikan proses pembangunan di lantai dua masjid ini.

Ruang dalam masjid yang cukup lega dengan plafonnya yang lumayan tinggi ditambah dua kipas angin yang menggantung di atas, sedikit mereduksi panasnya cuaca tengah hari di Cikarang. Pengaturan pengeras suara nya cukup baik, tidak terlalu keras tapi cukup jelas terdengar. 

Masjid Darussalam, Blok C1 Villa Mutiara Cikarang Selatan

--------------------------------

Baca juga Artikel Masjid Masjid Cikarang Selatan Lain-nya