Minggu, 06 November 2011

Masjid di Atap dunia


Masjid-e-Jafria, Dras, Jammu & Kashmir dengan gunung bersalju
di latar belakangnya (foto dari panoramio)
Masjid ini bernama Masjid-e-Jafria berada di daerah Dras, wilayah Jammu and Kashmir, IndiaDras merupakan gerbang menuju LadakhLadakh adalah perhentian terahir bagi para pendaki yang akan menuju ke pegununungan Himalaya, puncak tertinggi di muka bumi. Dras berada di ketinggian 3280 meter dari permukaan laut, menjadikan masjid ini sebagai salah satu masjid di lokasi tertinggi di bumi, “masjid di negeri atap dunia”. Kashmir, Nepal dan Tibet sering disebut sebagai negeri di atap dunia karena saking tingginya.


23 Maret 2011, suhu di Dras mencapai suhu terendah sepanjang 
sejarah hingga minus 60 derajat di bawah nol (foto dari panoramio)
Dras juga tercatat sebagai kawasan dengan suhu terendah kedua di bumi setelah Siberia di Russia. Tanggal 23 Maret 2011 lalu suhu di Dras mencapai rekor baru yang mencapai hingga 60 derajat selsius dibawah nol. Suhu yang benar benar membeku.


View Masjid e Jafria in a larger map

Penduduk Dras mayoritas beragama Islam dan ada sedikit yang beragama Budha. Dras sudah sejak lama terkenal sebagai satu satunya jalur pendakian menuju Ladakh, karena nya kawasan ini sering disebut sebagai “gateway to Ladakh” dan penduduk setempat kerap kali disebut sebagai “the guardians of Ladakh’s gateway”.