Senin, 31 Oktober 2011

Masjid Berselimut Salju di Gulmarg


Masjid di Gulmarg dalam selimut salju yang begitu tebal di musim dingin 
yang beku. Suhu rendah bahkan turut membekukan sungai yang berada
tak jauh dari masjid (foto dari tetongravity.com)

Bagi kita yang tinggal di daerah tropis seperti di Indonesia, memang mustahil untuk menemukan pemandangan seperti foto di atas di tanah air tercinta ini. Ketika musim dingin tiba, suhu yang begitu rendah bahkan membekukan aliran sungai yang tak jauh dari masjid.

Masjid tersebut berada di kota kecil bernama Gulmarg di wilayah Jammu Kashmir, India. Kota ini berada di koordinat 34.05°N 74.38°E di ketinggian 2690 meter dari permukaan laut. Kira kira sejauh 52 Km dari Srinagar, ibukota Propinsi Jammu Kashmir, India.


Lihat Masjid Gulmarg di peta yang lebih besar

Masjid ini menjadi salah satu masjid di lokasi tertinggi di bumi. Selain itu masjid ini juga berada di lokasi dengan suhu rendah yang sangat extrim sepanjang musim dingin hingga mencapai belasan derajat di bawah nol.

Karena keindahan alamnya dengan bukit bukit dan gunung salju serta ketatnya pengamanan dari tentara nasional India di kawasan ini menjadikan kawasan ini sebagai tempat pavorit bagi para pemain ski. Ribuan wisatawan dan petualang datang ke kawasan ini sepanjang tahun untuk bermain ski.


Keberadaan pasukan militer di kawasan ini tak lepas dari konflik antara India dan Pakistan. Wilayah Jammu dan Kashmir memang sudah sejak lama tercabik cabik ke dalam kekuasaan tiga Negara. Sebagian besar masuk ke dalam wilayah India dan Pakistan dan sebagian kecil dari wilayah itu masuk dalam wilayah China.

Pertarungan memperebutkan wilayah tersebut terus berlanjut sejak India lepas dari jajahan Inggris lalu pemisahan Pakistan dari India, menyisakan perseteruan yang tak pernah usai antara dua Negara serumpun tersebut.