Sabtu, 16 Juli 2011

Masjid Agung Kota Cimahi - Jawa Barat


Sebelum menjadi wilayah Kota Mandiri, Masjid di Alun alun Cimahi ini masih bernama Masjid Jami' Cimahi. Seiring dengan perubahan status Cimahi menjadi wilayah kota mandiri, status masjid ini berubah menjadi Masjid Agung.

Lama sekali tidak mampir ke masjid ini. 15 atau 16 tahun lalu terahir memandang masjid ini, kini semuanya sudah berubah. sudah lebih besar, lebih megah dan lebih indah tentunya. Kota Cimahi 16 tahun lalu masih berupa kota administratif bagian dari Kabupaten Bandung. kini Cimahi sudah menjelma menjadi Kota Cimahi, mandiri dari Kabupaten Induknya. 

Masjid Agung Kota Cimahi
Kelurahan Padasuka,Kecamatan Cimahi Tengah
Kota Cimahi, Jawa Barat,Indonesia


Masjid yang kini berdiri mencerminkan masjid tradisional Indonesia dengan atap tumpang bersusun tiga. Namun sentuhan langgam eropa terasa pada tembok tembok dinding masjid yang masif, tebal dan kokoh. Kota Cimahi sendiri masih bertabur gedung gedung tua warisan Belanda. termasuk bangunan stasiun kereta api, Rumah Sakit Dustira, gedung gedung Ksatrian begitu banyak kesatuan militer disana, hingga ke komplek perumahan warisan Belanda yang masih berdiri kokoh hingga kini.

Masjid Agung Cimahi dilihat dari Pendopo Masjid. 
Ruang masjid ini terhampar luas tanpa tiang tengah, berkat struktur atap yang sudah tidak membutuhkan empat tiang tengah untuk menyanggah beratnya atap. Cukup menarik dengan struktur atap masjid ini yang tidak menggunakan struktur baja berukuran besar seperti masjid masjid besar lain nya.

Interior Masjid Agung Cimahi dilihat dari area mezanin
Dari foto foto diatas dapat dilihat bahwa atap masjid ini ditopang dengan susunan batang baja dengan ball joint terhubung satu dengan lain nya menjadi sebuah rangkaian rangka atap yang kokoh. (maaf saya kurang faham dengan struktur seperti ini, mungkin ada yang mengerti silahkan berkomentar).

Menara Sisi utara Masjid Agung Cimahi
Masjid Agung kota Cimahi juga dilengkapi dengan dua menara di sisi selatan mengapit lapangan tengah. Tempat wudhu dan penitipan alas kaki disediakan di bagian bawah dua menara ini.  
Koridor di Masjid Agung Cimahi
Lapangan tengah ini juga di kelilingi dengan koridor yang cukup nyaman. Sejajar dengan pintu utama masjid dibangun bangunan pendopo dari kayu yang juga berhadapan langsung dengan alun alun kota Cimahi.

Gedung Da'wah Masjid Agung Cimahi
Tak hanya itu Masjid Agung Kota Cimahi ini juga sudah dilengkapi dengan gedung dakwah yang dibangun di sisi barat masjid. Letak masjid yang tepat berada di pusat kota Cimahi ini, membuatnya tak terlalu sulit untuk ditemukan. Ketika sedang mampir kesana minggu lalu, masjid ini sedang menyelenggarakan kegiatan tabligh akbar yang juga sekaligus tarhib Ramadhan 1432H.

Menara Selatan Masjid Agung Cimahi
Pendopo di Masjid Agung Cimahi
Interior Masjid Agung Cimahi