Minggu, 06 Maret 2011

Masjid Jamie Nurul A’mal Kampung Pengkolan

Updated : 17 Jan 2016

Ditengah Kampung Pengkolah. Di kampung ini juga ada sekolah kejuruan, SMK N 2 Cikarang Barat tapi justru lebih terkenal sebagai SMKN Pengkolan, yang lokasinya berseberangan dengan gerbang masjid ini berada, 

Alamat Masjid Jamie Nurul A’mal

Jalan Fathillah No. 1A Kampung Pengkolan
Desa Kalijaya, Cikarang Barat, Kabupaten Bekasi
Provinsi Jawa Barat - Indonesia
Telp : 021-9254232

Gmaps Masjid Jamie Nurul A’mal


Street View Masjid Jamie Nurul A’mal
  

Mungil dan indah, kata yang cukup tepat untuk menyebut masjid ini. Meski terletak didalam gang sempit masjid mungil indah ini dapat terlihat dengan jelas dari jalan raya ruas cikarang – cibitung. Sebagaimana foto utama di atas tersebut juga diambil dari pinggir jalan ke arah Cibitung.

Untuk menuju masjid ini cukup mudah, letaknya yang tak jauh dari terminal (baru) Cikarang ke arah Cibitung. Dari terminal Cikarang bisa naik angkot (angkutan kota) manapun ke arah Cibitung, atau naik ojek, ataupun jalan kaki sekalipun masih mungkin untuk di capai.

Gerbang masjid dari arah jalan raya Fatahillah
Bila naik angkot jangan sampai lengah karena letaknya yang tak jauh dari terminal perhatikan ke sebela kiri, empat menara kecil masjid ini terlihat dari pinggir jalan. Kalaupun tak terlihat dari dalam kendaraan, anda dapat menemukan gerbang gangnya yang dibuat berornamen kubah masjid lengkap dengan Nama dan alamat masjid mungil ini.

So, bila sedang berada di sekitar area tersebut, masjid ini bisa menjadi salah satu alternatif sebagai tempat mampir untuk sholat. Namun bila membawa kendaraan roda empat memang agak sulit untuk menemukan tempat parkir.

Kubah dan empat menara masjid ini terlihat menyembul diantara atap atap rumah penduduk
Arsitektur masjid ini mengadopsi arsitektural masjid universal. Secara universal masjid senantiasa disimbolkan dengan bangunan berkubah besar dengan menara.

Meski tak dilengkapi dengan bangunan menara yang dibangun terpisah dari bangunan utama masjid. masjid Nurul Amal dilengkapi dengan empat menara mungil yang cukup mendominasi di ke empat penjuru atapnya.

Empat bangunan menara ini dibuat begitu ramping seperti layaknya menara khas Usmani (Turki) tapi juga dilengkapi dengan 2 balkon melingkar di masing masing menara. Sementara pengeras suara diletakkan di balkon paling atas menara.

Foto foto Masjid Nurul A’mal Kampung Pengkolan

Pada jaman dahulu, balkon menara seperti ini bukan untuk menempatkan pengeras suara muazin seperti saat ini, tapi justru muazinnya lah yang naik dan berdiri di balkon menara lalu mengumandangkan azan dari sana supayanya terdengar sampai jauh.
Masjidnya mungil, empat menaranya pun mungil
Begini bentuknya terlihat dari arah jalan raya Cikarang - Cibitung

----------ooo000ooo----------

Baca Juga Masjid Masjid di Cikarang Barat Lainnya