Minggu, 13 Februari 2011

Masjid Al-Ama, Ciater

Masjid Al-Ama

Lokasi Masjid Al-Ama

Kawasan wisata Sari Ater
Kabupaten Subang, Provinsi Jawa Barat

Masjid Al-Ama yang kini berdiri dibangun tahun 2009 yang lalu. Sebelumnya ditempat yang sama sudah berdiri masjid dengan nama yang sama tapi berupa bangunan masjid berupa bangunan tradisional khas priangan. Bangungan masjid dengan dinding bambu dilengkapi dengan kanopi permanent.



Tahun 2009 lalu masjid ini di bangun oleh pengelola kawasan menjadi masjid yang kini kita lihat. Keseluruhan dinding diganti dengan beton. Lantai masjid di tutup dengan kayu untuk memberikan kehangatan kepada jemaah masjid dari udara dingin kawasan tersebut.

Ba'da Asyar di Masjid Al-Ama
Masjid ini tampak begitu indah ditengah kabut. Photo di atas ini di rekam sejenak setelah sholat asyar. Kabut di bagian latar memberikan nuansa pegunungan yang khas dan alami. Kawasan wisata ini memang cukup menarik. Letaknya diketinggian memberikan hawa sejuk. Sampai sampai air wudhu yang mengalir dari keranpun terasa dingin menusuk. Di dinginnya udara Subang itu justru hadir pemandian air panas yang menjadi objek wisata andalan kawasan ini.

Masjid ditengah kabut senja
Masjid Al-Ama dibangun dengan memadukan masjid tradisional Indonesia dengan atap limas khas tanah air, ditambah dengan tiga kubah beton di atap masjid. Perpaduan yang cukup menarik. Jendela kaca masjid dipasang merata di sisi kanan dan kiri masjid. Lantai masjid menggunakan panel kayu untuk mengurangi rasa dingin di telapak kaki.

Bagi anda yang terlanjur menggunakan celana pendek, jangan khawatir karena masjid ini juga menyediakan sarung bersih untuk jemaah laki laki yang terlipat rapi dalam lemari kaca kecil tanpa kunci di samping pintu masuk utama untuk jemaah laki laki laki. Pintu masuk untuk jemaah laki laki ada di sebelah kanan atau sisi selatan masjid dan pintu untuk jemaah wanita ada disisi utara.

Dua pengunjung cilik di depan masjid Al-Ama
Lokasi masjid yang berada di ketinggian pegunungan memberikan kekhusu’an tersendiri sholat di masjid ini. Suasana tenang dan sejuk tak akan ditemukan di masjid yang tak bukan di lokasi pegungunan seperti masjid ini.

Kolam di depan masjin ini sudah ada sejak masjid masih berbentuk masjid bambu, ikan mas yang dipelihara disana sudah tumbuh cukup besar, beberapa pengunjung terutama anak anak cukup asik memberikan pakan untuk ikan ikan hias ini.

So, bila sedang berkunjung ke kawasan wisata yang satu ini jangan bingun untuk mencari tempat sholat. Petugas disana cukup  ramah untuk menunjukkan lokasi masjid ini.

Foto foto Masjid Al-Ama

Dua kolam ikan di depan masjid Al-Ama
Interior Masjid Al-Ama
Teras Selatan Masjid Al-Ama
DUA KUBAH ; Kubah Limas dan Kubah Blendok
Tempat wudhu jemaah pria
Sisi depan (Barat) masjid Al-Ama