Rabu, 19 Januari 2011

Masjid Kerala Di India Yang Dibangun Oleh Seorang Hindu


Seorang pengusaha Hindu asal Qatar membangun sebuah masjid di negara bagian Kerala, India dengan tujuan mempromosikan kerukunan antaragama.

Menurut CK Menon, masjid di Kozhikode akan menjadi yang pertama dibangun di negara bagian itu oleh (umat) Hindu sejak lebih dari 1.200 tahun.

"Pembangunannya sedang dilakukan. Masjid akan siap dalam dua sampai tiga bulan ke depan. Lebih dari 400 orang dapat melakukan salat di masjid, "kata CK Menon, kepada harian Gulf Times, Senin dua hari yang lalu.

Sejauh ini Masjid Cheraman, yang dibangun pada akhir abad kedelapan oleh penguasa Chera Rama Varma Kulashekhara, adalah masjid pertama dan satu-satunya yang ada di Kerala.

Menon yang merupakan ketua dan direktur pengelola perusahaan Behzad Group yang bermarkas di Doha, mengatakan ia telah meminta persetujuan ulama Muslim dan pemimpin agama untuk membangun masjid.


"Saya telah mengantongi surat-surat dari pemimpin dan ulama Muslim. Mereka baik-baik saja dengan hal ini. Allah adalah satu dan orang-orang harus menghormati dan bekerja untuk mempromosi agama lain juga," kata Menon, yang dianugerahi Pravasi Bharatiya Samman pada tahun 2006 dan Padma Shri pada tahun 2009 karena layanan sosialnya.

Menon mengatakan ia berencana untuk membangun sebuah gereja di Kerala. "Setelah masjid jadi, saya akan mulai membangun gereja. Kami telah mengidentifikasi lahannya " katanya.

Menon selama ini dikenal mempromosikan budaya filantropi di India.
"Beberapa orang sudah melakukan hal itu, tapi masih banyak yang harus dilakukan. Bisnis menghasilkan uang karena keberadaan rakyat biasa. Setiap pelaku bisnis harus memberikan kembali pendapatan mereka kepada masyarakat dalam proporsi tertentu, " kata Menon.