Selasa, 11 Januari 2011

Masjid Agung Nurut Taqwa – Gardu Sawah


Masjid Agung Nurut Taqwa (lihat di panoramio)
Masjid Raya Nurut Taqwa berada di tepi jalan raya propinsi. Di ruas jalur yang menghubungkan kota Bekasi menuju ke Kota Karawang. Lokasi ini kurang lebih 2.5 km sebelah barat terminal bus Cikarang. Keluar Tol Cibitung (bukan Cibitung kawasan industri), belok kanan ke arah Cikarang, kira kira sejauh 3.5 Km dari sana, masjidnya ada di sebelah kiri jalan. dari jauh dua menaranya itu sudah kelihatan. 

Eksterior Masjid Agung Nurut Taqwa
Alamat dan Lokasi Masjid Agung Nurut Taqwa

            Masjid Agung Nurut Taqwa
Jalan Fatahillah, Gardu Sawah, Telaga Murni,
Kecamatan Cikarang Barat, Kabupaten Bekasi
Jawa Barat.


View Masjid Agung Nurut Taqwa in a larger map

Dua kali singgah ke masjid ini. dua kali pas waktu magrib. maka jadi deh foto fotonya kebanyakan foto malam hari. Agak susah mendapatkan foto bersih masjid ini tanpa ada sliweran kendaraan. jalur Cibitung-Cikarang tempat masjid ini berada tak pernah sepi dari kepadatan lalu lintas. Apalagi dibulan puasa, kemacetan di depan masjid diperparah oleh banyaknya para penjual jajanan buka puasa. 

Eksterior Masjid Agung Nurut Taqwa
Masjid dua lantai. lantai atasnya di kunci di hari biasa dan baru di buka di hari jum'at dan acara acara tertentu.  Area parkirnya agak sempit, tapi masih bisa parkir di sisi jalan depan masjid yang merupakan jalan akses utama menuju ke Perumahan Telaga Harapan, Perumahan Telaga Sakinah, dan Perumahan Telaga Pesona. Don't wory be happy, disana ada tukang parkir nya kok.

Masjid Agung Nurut Taqwa dari Arah Utara
Sejarah Pembangunan Masjid

Berdasarkan Plakat pembangunan masjid yang dipasang di tembok lobi masjid disebutkan bahwa masjid ini pertama kali dibangun tahun 1960 lalu dibangun kembali pada kurun waktu tahun 1999-2003 dengan panitia pembangunan terdiri dari H. Agus Sarin, H. Karta, H. Saduki, H. Edi Junaedi, H. Bonin, H. Suyatno, H. Muhidin, Siroj Al Khoir, H. Muhamad dan H. Marpud. S. Masjid Agung Nurut Taqwa Diresmikan Oleh Bupati Bekasi H. Wikanda Darmawijaya pada tanggal 14 Maret 2003.

Interior Masjid Agung Nurut Taqwa