Senin, 24 Januari 2011

Alhamdulillah... Masjid Ikon Lancanshire Boleh Diperluas

Masjid Jaame Jalalia yang berlokasi di kawasan Wardleworth, Rochdale, Lanchashire, Inggris mendapat persetujuan dewan kota setempat untuk diperluas dua kali lipat dari ukuran sebelumnya. Persetujuan pembangunan itu segera disambut sukacita komunitas Muslim Lancashire yang sudah lama mengajukan permohonan pembangunan kepada Dewan Kota. 

Guna memperbesar bangunan tersebut, pengurus masjid setidaknya membutuhkan biaya hingga £1 juta untuk peningkatan luas bangunan dari 836 meter persegi menjadi 1.586 meter persegi. Perluasan bangunan dimaksudkan untuk membuat kelas-kelas pendidikan Islam bagi masyarakat setempat.

"Kami sangat senang dan kaget bahwa aplikasi telah disetujui. Seluruh Masyarakat gembira," papar Shaukat Ali, juru bicara masjid, seperti dikutip dari Asianews.com, Ahad (23/1). 

Ali mengakui, perluasan itu memang membutuhkan dana yang tidak sedikit. Karena itu pengelola masjid berencana menggalangan dana. "Kami harus mencari uang sendiri, dan kami memulainya dengan penggalangan dana," katanya.

Salah seorang anggota Dewan Kota, Sultan Ali, yang menghadiri pertemuan tersebut mengatakan perluasan bangunan masjid akan menjadikan ikon Wardleworth menjadi lebih baik. "Saya tidak punya keluhan tentang lalu lintas di wilayah itu sejak saya terpilih bulan Mei lalu," papar Ali mengomentari penolakan Dewan Kota yang menggunakan dalih masalah kemacetan. 


Anggota Komite Perencanaan Pembangunan Masjid Liz Thirsk dan Mohammad Sharif mengatakan langkah-langkah menenangkan lalu lintas memang harus dipertimbangkan namun bukan berarti menolak aplikasi. Tak sependapat dengan keduanya, anggota Dewan Kota lainnya, Tom Bailey mengaku khawatir dengan persoalan lalu lintas di kawasan tersebut.

Sebagai informasi, pengurus masjid Jaame Jalalia sempat mengajukan permohonan perluasan bangunan masjid. Namun permohonan itu ditolak lantaran masalah lalu lintas dan pengaturan pakir di kawasan itu. Kemudian pada permohonan kedua, rencana perluasan disetujui dengan alasan akan meningkatkan citra keberagaman kawasan itu.