Selasa, 28 Desember 2010

Masjid Terbesar di Eropa Barat Diresmikan di Rotterdam

Masjid As-Salam Rotterdam, Belanda

Jum’at 17-Desember 2010, Masjid As-Salam di Roterdam, Negeri Belanda ahirnya diresmikan penggunaannya setelah pembangunannya sempat terbengkalai sekian lama akibat berbagai permasalahan termasuk konflik internal dan masalah birokrasi. Masjid As-Salam kini menjadi masjid terbesar di negeri Belanda sekaligus menjadi masjid terbesar di kawasan Eropa Barat.

Masjid tersebut diresmikan oleh Walikta Rotterdam Ahmed Aboutaleb dan Alderman Hamit Karakus, perencana kota dan perumahan kotamadya Rotterrdam. hadir dalam upacara itu kaum muslimin Rotterdam, Duta besar Uni Emirat Arab, dan Maroko.

Masjid baru ini mampu menampung 1500 jemaah, dengan proses pembangunan yang cukup lama, selama delapan tahun dan menghabiskan dana sebesar 4 juta Euro.

Masjid As-Salam Rotterdam ini dibangun dengan bentuk masjid masjid Arabia. Lengkap kubah besar dan dua menara setinggi 50 meter. Penyelesaian pembangunan masjid ini tak terlepas dari bantuan Yayasan Amal Al-Maktoum, sebuah yayasan amal milik Sheik Dubai, Sheikh Hamad bin Rashid Al-Maktoum, yang juga menempatkan satu orang dari yayasannya masuk dalam jajaran kepengurusan masjid tersebut.

Source :