Selasa, 03 November 2009

KAMMI Desak Pemerintah Bantu Kemerdekaan Palestina

Sel, Nov 3, 2009

Jakarta ( Berita ) : Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) Daerah Jakarta mendesak pemerintah Indonesia untuk berkomitmen membantu kemerdekaan Palestina.
Ketika memimpin aksi unjuk rasa ratusan mahasiswa yang tergabung dalam KAMMI Daerah Jakarta di depan Kantor Kedutaan Besar Amerika Serikat di Jakarta, Senin [02/11], Koordinator Lapangan Aksi KAMMI, Isal, mengatakan, Pemerintah Indonesia harus segera ikut menuntaskan kasus Palestina sebagai bentuk solidaritas sebagai negara yang mayoritas penduduknya beragama muslim.

Ia mengatakan, KAMMI menuntut komitmen Pemerintah Indonesia untuk membantu kemerdekaan Palestina karena UUD 1945 telah mengamanahkan keikutsertaan Indonesia untuk menciptakan perdamaian dunia.

Selain itu, KAMMI juga menuntut pemerintah Amerika Serikat untuk menghentikan pembelaan terhadap Zionis Israel.

“AS harus berhenti membela Israel dengan memveto kebijakan PBB yang meminta Israel untuk mempertanggungjawabkan kejahatannya di Palestina,” katanya.

KAMMI meminta PBB mendesak agar kejahatan Israel dibawa ke Mahkamah Internasional. Selain itu, KAMMI juga menyerukan solidaritas kemanusiaan kepada seluruh umat manusia tanpa terkecuali.

Dalam aksi di depan Kedubes AS yang diikuti lebih banyak oleh wanita berjilbab itu, para pengunjuk rasa melakukan aksi teatrikal berupa pelemparan kertas kepada salah seorang pengunjuk rasa yang menggunakan bendera Israel sebagai simbol hujatan untuk Israel. Aksi mereka kemudian dilanjutkan dengan tabur bunga dan pembacaan puisi yang diibaratkan sebagai bentuk solidaritas Indonesia kepada Palestina.

Selain itu, para pengunjuk rasa juga melakukan pembakaran bendera Israel yang terbuat dari kain, sebagai kecaman dan protes terhadap kejahatan Israel.

Aksi unjuk rasa KAMMI tersebut berlangsung tertib dan tidak memacetkan Jl Medan Merdeka Selatan yang berada di depan Kedubes AS. ( ant )

Beritasore.com